Jumat, 08 Januari 2016

Cara Bikin Belajar Jadi Ga Kayak Belajar

Hoii~

Haii pembaca blog kuuu~~ um... kalau ada. Maaf blog ini belum pernah post tulisan selama tahun 2015. Itu tahun kejayaan Naomi di tumblr, jadi ga main dulu di sini. He-he.

Oiya, pembagian rapot udah dilaksanain tadi dan Alhamdulillah hasilnya diluar dugaan. Saking takutnya untuk apa yang terjadi hari ini, kemarin malem tuh bilang gini, "Ma, gapapa ya kalau ga 3 besar.. Ya, Ma.. Ya?", Tapi entah karena ngga berharap, Alhamdulillaah, nama Naomi Oktavianti masih ditulis di papan-putih di kelas dengan urutan... jawaban dari log 100.. he.. he..

Beberapa kali, ada yang nanya.. "Nao, gimana caranya nilai lu bisa gitu sih, perasaan lu on mulu di grup.. Belajarnya kapan lu?" Hmm.. jawabannyaa... Kapan aja"Hah apaan, Nao? Lu main hp mulu dah perasaan."

Makanya jangan pake perasaan mulu.. Serius. Kapan aja, di mana aja. Karena kehidupan kita pun merupakan proses pembelajaran, bukan? Tapi.. kalau untuk akademik, mungkin ini beberapa hal yang bisa bermanfaat untuk proses belajar lu...

2. Ubah sudut pandang
Jadi ceritanya, dari belum sekolah tuh gua hobi baca apapun. Koran, majalah anak, buku cerita, bahkan buku pelajaran kakak gua. Nah, tapi pas kelas 4 SD gua mulai gasuka sama yang namanya baca buku pelajaran. Tapi ya mau gimana lagi? Jalanin aja lah. Gitu terus tuh, dipaksain belajar dan menghafal sampai SMA kelas 10. Tapi, gua sadar nih untuk pelajaran matematika, gua ga nganggep itu tuh 'belajar' tapi justru kayak.. gimana nih caranya gua bisa nyelesain dia. Kalau gua bisa nyelesain ini, berarti gua bisa dong naik ke level soal yang lebih sulit, dan nyelesain lagi.

Gua merasa matematika itu ga perlu menghafal banyak-banyak rumus kalau lu tau konsepnya. Nah, ini sedang gua coba terapkan untuk pelajaran lain.. Juga untuk pelajaran MIPA K13 lain yang semakin hari semakin rumit. Dan, hal ini bekerja dengan cukup baik.

Terus pas kelas 11, gua nemu tulisan tentang hal yang memperjelas cara belajar gua. Intinya tuh seolah-olah kita sedang bermain game, dan "gua mencoba untuk mengasumsikan dalam pikiran gua, bahwa semua proses belajar adalah sebuah TANTANGAN GAME terbaru yang perlu gua lewati!" -zenius.

Semenjak baca ini, semuanya gua anggap game. Kalau gua bisa nguasain materi A, XP gua nambah, kalo XP gua nambah terus, level gua naik. Dan UAS itu level boss yang harus gua lewatin. Dan, bener. Belajar gua menjadi lebih kayak ga belajar!

Lalu di awal kelas 12, gua yang ga berniat untuk mengikuti kelas tambahan di luar sekolah (baca: les), memutuskan untuk mencari partner belajar. Ketemu lagi sama zenius (gua lebih suka manggil nya bang Zen hahaha). Gua pun memutuskan untuk membeli produk yang ada tambahan kaosnya.

Berkat belajar bareng bang Zen, nilai gua semakin membaik, gua semakin ngerti sama materi-materi kelas 12 karena tau dasar dan mengerti konsep nya. Tutornya juga asik-asik, kadang disela-sela materi ada lawakan, jadi pas belajar tuh yaa ga ngebosenin.

3. Dicoba!
Well, just try it! Lu gaakan pernah tau sebelum lu nyoba. Gua pun sedang mencoba menyicil materi SBMPTN untuk persiapan beberapa bulan kedepan. Tapi, semoga sudah lulus SNMPTN, Aamiin. (walaupun tidak menaruh harapan terlalu tinggi di snm)

Oiya...
Gua sengaja ga nulis nomor 1 karena, setiap orang punya cara pertama sendiri yang akan dijadikan pedoman. Relatif, bukan?

1 komentar: